6/18/2022

Mau Jadi Dokter? Yuk Wujudkan Mimpimu Lewat Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP Semarang

Halo sahabat ahzaa, salam sukses buat kawan semuanya. Semangat terus yuk untuk menggapai semua cita-cita kamu. Pilihan tepat nih karena kamu sudah mengunjungi web kami, karena kami akan memberikan informasi menarik dan semoga bermanfaat buat kamu yah kawan. Siapa nih di sini yang bercita-cita ingin menjadi dokter? Yuk mari wujudkan cita-cita kamu di Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP.

Kamu harus tahu nih bahwa gelar lulusan dari Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP yaitu jika pada tahap Sarjana mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked), sedangkan untuk tahap Profesi akan mendapatkan gelar Dokter atau nama depan kamu akan tertera gelar (dr.). Mana nih suaranya untuk pejuang gelar (S.Ked) atau pun (dr.), tetap berjuang, berusaha dan berdoa ya kawan agar tercapai semua keinginanmu serta diberikan keberkahan selalu.

Gambar oleh Parentingupstream dari Pixabay

Tujuan program pendidikan dari Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP diantaranya adalah mendidik mahasiswa sehingga mengahsilkan tenaga dokter yang
1. Beretika, bermoral tinggi, unggu dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, profesinal dalam riset, mampu bersaing dalam kompetisi global, serta handal dalam pelayanan kesehatan masyarakat, sesuai dengan masalah dan kebutuhan era mendatang
2. Mampu berperan sebagai pelayan kesehatan, dengan memandang pasien secara utuh, tak terpisahkan dengan keluarga dan masyarakat, memberikan pelayanan bermutu tinggi, menyeluruh, berkesinambungan, serta menjalin hubungan dengan pasien berdasarkan rasa saling percaya
3. Mampu berfungsi sebagai pengambil kebijakan dalam pemilihan teknologi terapan berdasarkan etika dan pertimbangan biaya efektif bagi kepentingan pasien dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan
4. Cakap sebagai komunkator dalam mempromosikan pola hidup sehat, memberikan nasehat dan tuntunan efektif, sehingga individu atau masyarakat dapat meningkatkan derajat kesehatannya dan mencegah timbulnya penyakit.

Jika kamu menjadi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP, kamu akan menerima materi  mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB) yang terdiri dari Anatomi, Biokimia, Biologi Kedokteran, Farmakologi dan terapi, fisika kedokteran, fisiologi, gizi kedokteran, histologi, ilmu anestesi, ilmu bedah, ilmu kebidanan dan penyakit kandungan, ilmu kedokteran forensik, ilmu kesehatan anak, ilmu kesehatan jiwa, ilmu kesehatran masyarakat, ilmu kesehatanTHT-KL, ilmu penyakit dalam, ilmu penyakit gigi dan mulut, ilmu penyakit kulit dan kelamin, ilmu penyakit mata, neurologi, radiologi, kedokteran molekuler, kedokteran olah raga, keperawatan, ketrampilan klinik, kimia kedokteran, manajemen rumah sakit, mikrobiologi, parasitologi, patologi anatomi, dan patologi klinik.

Wuahh cukup menarik dan menjadi tantangan tersendiri nih pastinya kawan untuk pejuang gelar Sarjana Kedokteran atau pejuang gelar (dr.). Yuk persiapkan dan mantabkan diri kamu kawan tentunya di Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP dong. Oke setelah kamu mengetahui materi yang akan diajarkan selama menjadi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP, kami akan memberitahumu juga nih tentang profil lulusan Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP diantaranya yaitu dokter yang dapat berkarya sebagai PNS/TNI atau mandiri. Sedangkan untuk kompetensi lulusan Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP yaitu
1. Komunikator (mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis)
2. Profesional (bekerja sesuai dengan prinsip, pengembangan, berdasarkan prestasi, menjunjung tinggi kode etik)
3. Leadership (adaptif, tanggap terhadap lingkungan, proaktif, motivator, dan kerjasama)
4. Thinker (berfikir kritis, belajar sepanjang hayat, peneliti) 

Nah ada yang harus kamu ketahui juga nih kawan yaitu metode pembelajaran dan asesmen dari Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, Ujian Paruh 1, Ujian Paruh 2, Ujian Akhir Modul, Ujian Remidi, Ujian Praktikum, dan Osce. Sedangkan untuk struktur persyaratan program yang harus kamu ketahui jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP yaitu untuk tahap Sarjana menempuh 145 SKS, dan untuk tahap Profesi akan menempuh sebanyak 46 SKS. 

Yuk mari tentukan pilihanmu dari sekarang kawan, agar kamu bisa mempersiapkan diri kamu dan tentu siap untuk bersaing secara sehat dengan anak bangsa lainnya yang ingin juga melanjutkan studinya di Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP. Kamu jangan khawatir ya kawan, untuk SKS yang sudah ditetapkan pihak kampus dan prodi wajib kamu tempuh tentunya dengan mendapatkan fasilitas dukungan juga loh dari kampus. Dukungan fasilitas bagi mahasiswa diantaranya IT, Perpustakaan, Lab Komputer, Lab Medik Dasar, Lab Ketrampilan Klinik, Lab Hewan Coba, konseling mahasiswa RS Pendidikan Utama (RSUP dr. Kariadi) dan rumah sakit lahan jejaring, pertukaran pelajar dengan fakultas  kedokteran di luar negeri (Belanda, Jepang, Perancis)

Buat kamu yang benar-benar ingin mendaftarkan diri ke Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP silakan perhatikan kebijakan dan persyaratan untuk mendaftar di Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP yaitu mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari S MA/MA jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes dan sehat jasmani dan rohani. Persiapkan dari sekarang yaa, karena sangat kompetitif sekali persaingannya.

Demikian bahasan kami mengenai Program Studi S1 Pendidikan Dokter UNDIP, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa jika ingin tetap mendapatkan infromasi penting lainnya, tetap simak terus ya dan pantengin terus artikel selanjutnya. 

Salam.

No comments:

Post a Comment