6/03/2022

Mengenal Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP Semarang

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Salam hangat dan salam semangat buat sahabat Ahzaa semuanya. Yuk rapatkan lagi, Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi menarik loh buat teman-teman. Mari kita mengenal lebih dekat dengan Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP Semarang.

Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan merupakan salah satu jurusan yang terdapat di dalam Fakultas  Ekonomi dan Bisnis UNDIP. Jangan diragukan lagi karena Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP ini sudah mendapatkan Akreditasi A berdasarkan nomor 966/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2015. Gelar dari lulusan ini yaitu Sarjana Ekonomi (S.E.). siapa nih diantara teman-teman yang bercita-cita mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E.)? Yukk simak terus informasi dari kami.

Photo by Aaron Burden on Unsplash

Tujuan program pendidikan Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ini yaitu menghasilkan lulusan yang profesional, kompeten dibidang Ekonomi, mandiri, dan mampu bersaing secara global, menghasilkan karya inovatif dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan perkembangan IPTEK  yang dapat meningkatkan citra Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP), baik pada lingkungan nasional maupun internasional,  mengembangkan kehidupan masyarakat akademik dan jiwa entrepreneurship pada seluruh warga kampus yang didukung oleh budaya dan tradisi ilmiah dan mengembangkan program akademik untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dosen dan lulusan yang dapat meningkatkan kemandirian penyelenggaraan perguruan tinggi. Mantab betul kan tujuan dari program studi tersebut? Wahh jangan diragukan lagi iya teman-teman.

Selanjutnya ada lagi nih mengenai materi apa saja sih yang akan kalian pelajari di Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP? Teman-teman akan mempelajari tentang Ekonomi Mikro, Ekonomi Mikro, Ekonomi Publik, Ekonomi Moneter, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan, dan masih ada banyak lainnya. Tentunya setelah kalian tahu tentang materi, teman-teman juga harus tahu dong mengenai profil lulusan dari Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP ini adalah Ekonom, Pengambil Kebijakan/Birokrat, Analisis Perbankan, Pengusaha, Auditor dan masih banyak lainnya. Penasaran iya? 

Kami kasih bocoran nih tentang kompetensi lulusannya. Kompetensi utamanya yaitu mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah ekonomi, mampu mendesain dan melaksanakan penelitian, melaksanakan pelatihan ekonomi, mampu melakukan perencanaan dan pengawasan pembangunan, dan mampu melakukan intervensi ekonomis. 

Metode pembelajaran dan asesmen pada Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP ini adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, dan Profil.  
Nih paling dicari-cari mahasiswa dari kampusnya adalah dukungan fasilitas apa saja sih yang akan didapatkan? Tentu sangat menarik buat teman-teman dong, yaitu terdapat ILS (Informasi and Learning Services) : IT, Library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa Universitas, pelatihan IT, bimbingan dan Konseling.

Teman-teman calon mahasiswa baru jika minat dengan Program Studi S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP silakan teman-teman dapat mendaftar melalui seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA/IPS, sedangkan jika melalui Seleski Mandiri (SM)/SBMPTN dari jurusan IPA/IPS/Bahasa/SMK dengan berdasarkan hasil tes.

Okee bagaimana teman-teman yang budiman calon mahasiswa baru dan calon orang-orang sukses penerus bangsa? Tentu tertarik dong dengan informasi-informasi yang sudah kami rangkum secara menarik ini. Terima kasih teman- teman sudah mengunjungi AhzaaNet, jangan lupa tunggu informasi selanjutnya iya dan terus simak artikel atau tulisan kami berikutnya. See You 

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment