6/03/2022

Mau Jadi Ekonom Islam? Ketahui Program Studi Apa yang Akan Diambil di Undip Semarang

Halo sahabat Ahzaa, selamat dating Kembali di AhzaaNet. Hari ini seputar info kuliah, kita cari tahu yuk bagi- teman- teman yang bercita- cita ingin jadi seorang ekonom Islam. Teman- teman bisa memilih Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP. Teman-teman calon mahasiswa, tentunya tidak lupa dong dengan pembahasan yang lalu yaitu mengenai mengenal Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Kali ini kami akan memberikan informasi menarik nih buat teman-teman terkasih tentang Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP Semarang. 

Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP adalah salah satu program studi yang terdapat pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIP. Teman-teman yang lulus dari program studi ini akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E.). 

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash


Tujuan dari Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP ini adalah menguasai dasar-dasar ilmu sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan dengan kaidah keislaman. Disamping itu dapat menguasai dasar-dasar ilmu dan metodologi di bidang ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, dan Akutansi Islam sehingga mampu memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah dalam praktek pengembangan Ekonomi Islam serta memecahkan masalah dan mengaplikasian kompetensi Ekonomi Islam dalam perekonomian bangsa. Ditambah lagi tujuan untuk mengkhususkan pada analisis Ekonomi Islam dengan kemampuan melaksanakan tugas sesuai dengan perannya baik di pemerintahan maupun dunia usaha, baik di sektor riil maupun sektor keuangan. Sangat menarik iya teman- teman pembahasan tentang tujuan dari Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP ini. Sangat memperhatiakan tentang kaidah keislaman.

Profil dari lulusan Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP yaitu Ekonom Islam, Bangkir dan masih ada lainnya.  Selain itu, mari kita bahas mengenai kompetensi lulusan dari Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP. Teman- teman dapat menjadi communicator yang handal dalam penyebaran prinsip, konsep, dan metode ekonomi dan bisnis Islami. Selain itu dapat memahami dan mengaplikasikan prinsip, konsep, dan metode ekonomi dan bisnis Islami, menjadi pribadi yang jujur, terintegritas, mandiri sesuai nilai-nilai Al-Quran dan Sunah dan mampu melaksanakan riset berbasis ekonomi dan bisnis Islami, memiliki kemampuan praktek bahasa arab dan bahasa inggris untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi ekonomi dan bisnis Islam, dan memiliki sikap peduli, solutif, dan bertindak aktif terhadap berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat sebagai wujud prinsip kemanfaatan yang sebesarnya bagi masyarakat. 

Yukk siapa nih yang sudah ada gambaran atau bahkan sudah berimajinasi menjadi salah satu mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP? Kami akan beri bocoran tentang metode pembelajarannya, dukungan fasilitas, dan kebijakan prasyarat admisi Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP.

Metode pembelajaran dan asesmen dalam Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP yaitu Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, dan Profil. Tentu disertai dengan dukungan fasilitas bagi mahasiswa yaitu terdapat ILS (Informasi and Learning Services) : IT, Library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa Universitas, pelatihan IT, bimbingan dan Konseling. Bagaimana? Sangat menarik bukan..  

Bagi teman-teman calon mahasiswa bisa bergabung di Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP melalui seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA/IPS, sedangkan jika melalui Seleksi Mandiri (SM)/SBMPTN dari jurusan IPA/IPS/Bahasa/SMK dengan berdasarkan hasil tes.

Semoga bermanfaat ya teman-teman informasi mengenai Program Studi S1 Ekonomi Islam UNDIP. Jangan lupa share ke saudara, teman, sahabat iyaa biar makin berkah. Simak terus iya teman-teman jangan sampai ketinggalan informasi dari kami. Sekian dan terima kasih, See You...

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment