6/02/2022

Yukk Lebih Dekat Mengenal Program Studi S1 Ilmu Hukum Undip Semarang

Hai sahabat Ahzaa, siapa sih yang tidak tahu dengan kampus keren dan sudah berkembang menjadi salah satu Universitas terkemuka di Indonesia ini? Universitas Diponegoro atau biasa disebut UNDIP, yang beralamat di jalan Prof. Sudarto No 13 Tembalang, Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Saat ini UNDIP telah mengalami perkembangan yang pesat dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya melalui pengembangan visi menuju universitas riset dan pengembangan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang Communicator, Profesional, Leader, Enterpreneur, Thinker, dan Educator atau jika disingkat menjadi (COMPLETE).

Gambar oleh Fathromi Ramdlon dari Pixabay

Pada saat ini Universitas Diponegoro ini memiliki 11 Fakultas, Sekolah Vakasi dan Sekolah Pascasarjana yang meliputi 5 Program Diploma III, 11 Program Diploma IV, 52 Program Sarjana S1, 39 Program Magister (S2) dan 16 Program Doktor (S3). Buat teman-teman calon mahasiswa jangan resah iya karena di sini kami akan mengupas tuntas dan tentunya mengurangi kegalauan teman-teman dalam memilih jurusan atau program studi mana yang akan kalian ambil. Nah.... tentunya kali ini kami akan memberi informasi mengenai salah satu Program Studi yang dimiliki oleh UNDIP, yaitu Program Studi S1 Ilmu Hukum. Teman-teman sudah tidak asing lagi dong dengan jurusan atau program studi satu ini, Ilmu Hukum menjadi salah satu jurusan terfavorit lohh.

Program Studi S1 Ilmu Hukum UNDIP tentunya sudah memegang Akreditasi A berdasarkan Ban-PT No. 1074/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015, terbukti kan bahwa Program Studi S1 Ilmu Hukum UNDIP ini tentunya bisa dijadikan salah satu refrensi teman-teman untuk memilih jurusan di UNDIP. Gelar lulusan pada Program Studi Ilmu Hukum yaitu Sarjana Hukum (SH), sangat keren bukan jika di nama belakang kalian terdapat gelar SH. Tujuan dari program pendidikan ini adalah terselenggaranya proses pendidikan hukum yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang profesional, berkompeten, berintegritas dan progresif berdasarkan nilai-nilai pancasila.

Materi Kuliah
Teman-teman juga akan mendapatkan materi meliputi MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian) yaitu mata kuliah yang bertujuan untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan) sebagai kelompok mata kuliah yang bertujuan memberikan landasan penguasaan ilmu hukum dan ketrampilan hukum tertentu,  MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya) yang merupakan kelompok mata kuliah yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli hukum dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu hukum dan ketrampilan,  MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya) yaitu kelompok mata kuliah yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku menurut keadilan berdasarkan dasar ilmu hukum dan ketrampilan hukum dan MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat) sebagai kelompok mata kuliah yang bertujuan untuk memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian hukum dalam berkarya.

Profil Lulusan
Yukk kita intip profil lulusan pada Program Studi S1 Ilmu Hukum UNDIP. Lulusan Studi S1 Ilmu Hukum UNDIP memiliki kemampuan membuat peraturan perundang-undangan, mampu menyelesaikan problem hukum yang ada di masyarakat, mampu menjadi pemikir pembaharuan hukum, memiliki kemampuan memimpin atau mempunyai jiwa kepemimpinan di dalam masyarakat, dan memiliki jiwa entrepreneur yang tidak hanya bergantung pada job seeker melainkan sebagai job creator. Metode pembelajaran dan asesmennya yaitu tutorial, Student Center Learning (SCL), berbagai asesmen melalui UTS, UAS, Peradilan semu, laboratorium litigasi dan laboratorium nin litigasi.

Sedikit banyaknya, tentu teman-teman calon mahasiswa sudah tahu dong mengenai Program Studi S1 Ilmu Hukum UNDIP? Tentunya kampus UNDIP juga sudah memadai sarana prasana untuk mahasiswa agar belajar dengan nyaman lohh, diantaranya yaitu ruang kelas yang memadai dengan suasana kelas yang sangat nyaman, ruang dosen representatif sehingga memungkinkan memberikan pelayanan yang memadai bagi mahasiswa, ruang kantor yang sangat baik sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa, ruang perpustakaan yang luas, ruang untuk pusat kegiatan mahasiswa, ruang laboratorium dan ruang seminar serta fasilitas lainnya yang memadai dan tentunya sangat lengkap.

Alur Masuk
Bagaimana sih... kebijakan dan prasyarat admisi di Program Studi S1 Ilmu Hukum UNDIP? Teman-teman bisa melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau jalur Undangan Berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik, selain itu juga dapat melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Seleksi Bibit Unggul Berprestasi  ( SBUB), dan bisa juga melalui jalur SM (Seleksi Mandiri)

Penutup
Itulah sedikit banyaknya informasi tentang Program Studi S1 Ilmu Hukum UNDIP. Mau tahu informasi-informasi jurusan lainnya? Simak terus yukk di artikel atau tulisan berikutnya iyaa teman-teman... jangan lupa selalu pentengin iya, agar tidak ketinggalan informasi. Boleh juga loh dishare ke teman-teman lainnya, waahh tentunya menjadi pahala tersendiri dong sudah memberikan informasi penting, itung-itung mengurangi beban keresahan dan kegalauan karena pusing mau pilih jurusan.

Semoga Bermanfaat....

No comments:

Post a Comment